[Pengusaha WARNET bersatu!!] Ancam Gugat Polisi Yang Main Sita (©li©k! me to enter)

Pengusaha Komputer Ancam Gugat Polisi Yang Main Sita

Kediri – Rencana Business Software Alliance (BSA) dan Polda Jatim yang akan melakukan razia software bajakan mendapat penolakan keras dari Asosiasi Pengusaha Komputer (Apkom) Kediri.

Mereka mengancam akan mengajukan gugatan hukum karena terbukti melakukan razia di luar batas.

“Secara kelembagaan kami akan mengajukan gugatan jika ada petugas yang melakukan penyitaan komputer di tempat usaha,” ujar Bagus saat dihubungi detiksurabaya,Sabtu (23/6/2007).

Karena itu, Apkomindo yang memiliki 190 anggota yang terdiri dari para pengusaha di bidang komputer, sudah memberikan pemahaman hukum dan mekanisme penyitaan oleh petugas. Bahkan mereka siap menyewa pengacara dengan tuduhan mengambil barang orang lain tanpa izin yang nekat melakukan penyitaan.

Akibat rencana razia ini, Apkomindo mengklaim terjadi penurunan omzet para pengusaha hingga 60 persen. Pasalnya, dari 190 anggota mereka, hanya sedikit yang mampu membeli software asli seharga jutaan rupiah.

Selain itu, Bagus juga mendesak kepada pemerintah untuk bisa merevisi UU Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) No 19 tahun 2002, yang mengatur masa hak paten hingga 50 tahun. Seharusnya, masa paten tersebut hanya 5 tahun, agar memberi kemudahan kepada masyarakat menggunakan hasil intelektual dengan murah.

Apalagi kondisi perekonomian masyarakat Indonesia saat ini masih belum mampu untuk mengakses teknologi berbiayai tinggi. “Kalau akses teknologi sudah mahal, bagaimana masyarakat kita bisa cerdas. Apalagi di Amerika sendiri masa hak paten hanya 5 tahun,” tegas Bagus.

Namun jika nantinya BSA benar-benar akan melakukan razia, mereka diminta tidak bersikap diskriminatif terhadap lembaga kepolisian dan pemerintahan yang diduga juga menggunakan software bajakan.

Hal senada juga disampaikan para pengelola warnet Muji Harjito, salah seorang pemilik warnet di Jl Ahmad Yani Kediri meminta kepada pihak BSA untuk melakukan sosialisasi terlebih dulu sebelum melakukan razia. Selama ini ia mengaku belum menerima pemberitahuan secara resmi dari Microsoft terkait penggunaan software tersebut.

“Selama ini tidak ada sosialisasi yang dilakukan secara langsung oleh Microsoft. Tahu-tahu ada rencana razia seperti ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Muji berharap, pihak BSA untuk memberikan solusi berupa penawaran penggunaan software. Jika pengusaha tidak mampu membeli yang asli, mereka diberi pilihan menggunakan software lain yang gratis seperti Linux.

Penggunaan Linux itu sendiri menurut Jito, cukup merepotkan pemilik warnet. Pasalnya, dia harus membiasakan para operator komputer dan memberikan petunjuk kepada setiap pemakai (user) dengan sabar. Sebab hingga kini masih jarang masyarakat yang terbiasa menggunakan software tersebut.

6 Komentar

  1. Masyarakat Indonesia belum mampu untuk mengunakan software microsoft yang begitu mahal,
    Sebelum menindak masyarakat umum, BSA maupun Polda wilayah masing-masing harus merazia wilayah mereka sendiri dan pemerintahan, padahal selama ini para aparat penegak hukum / instansinya juga belum mampu untuk pengadaan software yang asli, gimana bisa mereka merazia sebelum mereka mentaati aturan itu sendiri. Payah Dech !!!!!!!!

  2. BSA di Indonesia bekerja seperti mafia bisnis. Dan sepertinya ada tanda2 “kerja-sama” dengan pihak kepolisian. Dan “PERCAYA TIDAK PERCAYA”, grebekan tersebut bisa dipesan, baik oleh pihak BSA sendiri ataupun pihak luar A.K.A saingan dagang WARNET2 tersebut.

    Sangat disayangkan pemerintah tidak mau menggalakkan open-sourCe dinegara indonesia sendiri, yang padahal mampu menghemat ratusan MILYAR RUPIAH dan penyerapan teknologi yang tentunya bagus untuk kemajuan kualitas SDM Indonesia kedepannya.

    Dan seandainya pemerintah tidak mau melakukan hal2 tersebut, pemerintah masih dapat berupaya untuk bernegosiasi dengan pihak MikoCok” untuk menekan harga penjualan software mereka.

    Bayangkan, sebuah universitas dimalaysia menekan mikoCok ntuk menjual software mereka dengan harga

  3. Bagi yang mau beli software lain/ belum migrasi bisa mencarinya di http://www.software-asli.com
    tersedia/ jual berbagai macam software microsoft windows xp, vista, office adobe photoshop, acrobat, coreldraw, autocad, dll.

    terima kasih

  4. Bisnis orang amerika, kita cuma bisa gebuk-gebukan kayak badut sinetron, siapa yang kaya ya ???? ooooh negeri ini begitu menyedihkan…………..

  5. satu kali satu. tanyain sama orang dan lembaga yang tau satu kali satu

  6. Pelaku bajakan melakukan rajia bajakan heheheh……,makanya kasus korupsi tak pernah tuntas di negeri ini wkwkwkwk……


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s